Beton Greensense

Hemat Sumber Daya dan Meningkatkan Efisiensi

 

Greensense Concrete
itu sangat praktis,
mudah dan lebih hemat biaya


Apa itu beton Greensense ?

Beton Greensense adalah suatu material struktur seperti beton bertulang yang sangat praktis, mudah dan lebih hemat biaya serta dapat diaplikasikan dalam bebagai hal. Perbedaan beton greensense dibandingkan dengan beton standard adalah beton ini dapat mengurangi atau bahkan dapat menggantikan penggunaan besi tulangan dalam beton. Hal ini dimungkinkan dengan penggunaan serat fiber sintetis (FORTA FERRO), yang sistemnya sudah dipatenkan di dunia. Metode struktural ini telah digunakan lebih dari 30 tahun pada berbagai proyek besar di dunia. Di Indonesia metode ini telah sukses digunakan pada beberapa proyek pembangunan.

Perkuatan pada setiap cm kubik beton anda

FORTA-FERRO merupakan serat dengan teknologi modern yang dapat menggantikan besi tulangan. Percampuran yang unik dari 2 serat FORTA-FERRO:
• Dapat mengurangi dan mengontrol susut beton dan retak akibat temperatur.
• Dapat mengurangi terjadinya lengkung pada pelat beton dan dapat meningkatkan ketahanan beton terhadap retak setelah pengecoran.
Serat FORTA-FERRO memiliki panjang rata-rata ( 2” - 1/4” ) dengan takaran ( 2 ─ 4 kg per m3 beton ) mendapatkan hasil yang lebih tinggi dari pemakaian besi tulangan, sehingga jauh lebih baik dari serat sintetis fiber biasa. FORTA-FERRO yang dimaksud “Kuat Seperti Baja” juga sangat mudah digunakan, dan telah berhasil mendapatkan pengakuan sebagai serat dengan campuran dan hasil terbaik di industri sekelasnya. Besi tulangan atau pun wiremesh tidak akan dapat menyamai apa yang bisa dicapai oleh FORTA-FERRO karena serat fiber ini secara 3 - dimensi telah menyatu dalam setiap sentimeter kubik beton. Berbeda halnya dengan besi tulangan/wiremesh, FORTA-FERRO ada di sisi mana saja yang memungkinkan bisa terjadi retak maupun terjadi stress/renggangan.

 

Apa Keuntungan Dari Beton Greensense ?

Biaya

Dari segi material nya saja, biaya yang dapat dihemat hingga 20% dikarenakan harga material serat fiber FORTA FERRO yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga besi tulangan per m2 dari beton bertulang standard.

Waktu

Pada saat pengecoran, beton sudah langsung dicampur dengan serat fiber FORTA FERRO. Keuntungannya adalah dapat mengurangi biaya ongkos kerja dan waktu pengecoran serta mempersingkat waktu kerja. Oleh karena itu, proses ini akan menghemat banyak waktu, sehingga ada pengurangan waktu yang diperlukan sebagaimana hal nya pada beton bertulang standard yaitu proses penyiapan dan pemasangan besi tulangan, terutama pada proyek yang besar.

Umur Pakai Beton

Serat sintetis FORTA FERRO tidak akan berkarat sehingga mampu bertahan jauh lebih lama dibandingkan dengan besi tulangan, hal ini dikarenakan besi tulangan lebih rentan terhadap karat dan rapuh, khususnya karena kebanyakan orang jarang sekali menggunakan material waterproofing yang baik. Selain itu, serat sintetis FORTA FERRO juga tahan terhadap faktor kelelahan material (fatigue), permasalahan ini sering terjadi pada saat beban permanen yang ditopang terlalu berat.

Pencegahan terhadap retak

Serat fiber ini dapat menyebar secara merata pada seluruh bagian beton sehingga akan dapat menyatukan masa beton tersebut, hal ini akan menghasilkan beton yang berkualitas tinggi dan mengurangi sifat plastis beton pada potensial retak yang biasanya disebabkan oleh susut beton.

Mengurangi hilangnya air semen (pada saat pengecoran)

Tambahan zat additive dan serat fiber pada saat proses pencampuran beton menjamin material air dapat tersebar secara merata dan tertahan dengan baik dalam campuran, sehingga hal ini dapat mengurangi persentase hilangnya air semen dan pemisahan agregat dalam campuran.

Kekuatan

Berbeda halnya dengan beton bertulang konvensional yang hanya memiliki perkuatan dalam dua dimensi, serat fiber dapat memberikan perkuatan beton dalam tiga dimensi. Sehingga beton yang dihasilkan memiliki ketahanan beban terhadap beban titik, beban benturan dan kekuatan lentur yang dimiliki sangat tinggi.

Distribusi/penyaluran beton pada proses pengecoran

Dengan adanya penggunaan zat aditif khusus dalam adukan beton, akan menghasilkan beton yang dapat didstribusikan dengan mudah ke seluruh sisi bekisting sehingga dapat mengurangi proses pemadatan, yang diperlukan untuk menghilangkan gelembung udara dan mengurangi resiko terjadinya rongga dalam beton. Pada lantai, beton ini dapat mengendap dengan halus tanpa benjolan atau ketidak rataan. Lapisan tambahan pada permukaan beton tidaklah diperlukan sesudah proses perataan dan penghalusan selesai, namun jika hal itu masih diperlukan, maka permukaannya dapat dihaluskan seperti pada proses perataan beton biasa.

Rendah polusi zat karbon

Baja merupakan salah satu material yang paling banyak menghabiskan energi baik dalam proses produksinya maupun dalam proses konstruksi menggunakannya. Dengan dikuranginya jumlah baja yang digunakan dalam sebuah proyek, ditambah dengan pengurangan jumlah semen yang digunakan, tetapi tetap mempertahankan mutu beton (dalam Mpa) yang diperlukan, akan berkontribusi besar terhadap peningkatan nilai keberlanjutan (sustainable) proyek tersebut.

Dari segi material nya saja
biaya yang dapat dihemat
hingga 20%



 

Selama lebih dari 30 tahun
serat perkuatan fiber FORTA
telah digunakan pada aplikasi


Bagaimana penerapannya?

Pelat Beton di tanah (on ground) dan pelat beton pada pelat baja dek

Selama lebih dari 30 tahun, serat perkuatan fiber FORTA telah digunakan pada aplikasi pelat beton lantai dengan keberhasilan yang tinggi. Perencana bangunan dan ahli bangunan telah menyimpulkan bahwa serat fiber FORTA tiga dimensi dapat menghemat biaya secara drastis ketika digunakan sebagai alternatif pengganti besi tulangan / wiremesh. Dalam penggunaan besi tulangan / wiremesh diperlukan waktu untuk proses penempatan dan peralatan tambahan pada saat pengecoran. Ini menunjukkan bahwa beton dengan serat fiber FORTA tiga dimensi jauh lebih mudah dan efisien untuk digunakan. Berdasarkan penelitian di laboratorium ternama, Underwriters Laboratories, telah disimpulkan bahwa serat fiber dapat menggantikan besi tulangan / wiremesh.

Ground tank dan septic tank

FORTA-FERRO telah memiliki peranan penting dalam dalam penggantian dan pembuatan beton precast seperti septic tank, dimana tank buatan pabrik dapat memiliki kualiats yang tinggi kokoh, hemat, dan tanpa besi tulangan.

Kolam renang

Penggunaan serat fiber FORTA FERRO dalam pembuatan kolam renang, akan dapat mengurangi spesifikasi dan juga dapat mengurangi jumlah besi tulangan yang digunakan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. Kemampuannya dalam mencegah retak dapat membantu mencegah kerusakan dan kebocoran air, masalah umum yang biasa terjadi pada saat terjadi gempa bumi.

Jalan raya

Penggunaan serat makro fiber FORTA FERRO pada konstruksi jalan telah terbukti dapat mengurangi waktu konstruksi hingga 30% tanpa adanya biaya tambahan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan sistem ini dapat membuat konstruksi pelat beton dengan jarak antara sambungan beton yang lebih panjang dibandingkan dengan konstruksi jalan dengan beton konvensional. Mobilisasi dan demobilisasi juga dapat dikerjakan dengan cepat sehingga beton ini bisa memperoleh kekuatan penuh dengan sangat cepat. Hal penting lainnya adalah umur pemakaian jalan akan menjadi jauh lebih lama dikarenakan adanya perkuatan beton secara tiga dimensi, yang tahan terhadap retak dan abrasi permukaan serta tahan terhadap benturan.

Terowongan

Serat anti karat FORTA telah digunakan dalam berbagai proyek dengan metode pengecoran beton secara air-placed (penyemprotan) yang tergolong memiliki cara kerja yang dinilai sangat mudah saat penambahan, pencampuran dan penyemprotan. Baik pada permukaan tanah yang berbatu dan keadaan basah, maupun pada jalur terowongan bawah tanah dan pertambangan, karakteristik anti karat dari material FORTA-FERRO sangatlah menarik. FORTA-FERRO juga telah sukses digunakan pada ribuan meter kubik campuran basah shotcrete (beton semprot basah) dari campuran kering yang telah disiapkan terlebih dahulu, terutama pada proyek terowongan bawah tanah.

Bagaimana cara kerja beton greensense?

Beton Greensense mengandung campuran yang diformulasikan secara khusus dari bahan-bahan beton standard yang terdiri dari semen, pasir dan agregat, ditambah dengan penggunaan zat aditif, fly ash (abu batu bara / abu terbang) serta serat fiber FORTA FERRO yang dicampurkan dengan penuh ketelitian dan takaran yang tepat, yang menjadi kunci keberhasilan beton greensense.
Serat unik fiber ini sangat berbeda dari serat yang ada di pasaran, serat ini merupakan salah satu komponen terpenting dalam memberikan perkuatan pada beton. Material ini sangat mudah untuk diaplikasikan, seratnya menyatu dengan warna, terbuat dari 100% copolymer / proproylene asli, yang terdiri dari bundel/rangkaian monofilamen yang tidak mudah terurai dan sebuah serat jaringan terurai, memberikan sistim perkuatan beton dengan mutu yang tinggi. Teknologi rangkaian serat (twisted bundle) yang telah dipatenkan membuat serat dapat didistribusikan dengan cepat dan merata tanpa menyebabkan terjadinya penggumpalan. Fibril yang bersifat heavy-duty atau tangguh yang memberikan hasil akhir permukaan yang rata.
Serat yang bersifat ekstra kuat ini memberikan daya tahan maksimal dalam jangka waktu yang lama, dapat meningkatkan kapasitas struktural, dan efektif mengurangi retak sekunder / retak akibat temperatur dengan cara menggabungkan sistem serat fiber yang benar-benar unik dan bersinergis dalam rancangan yang panjang. FORTA FERRO® anti karat, tidak mengandung magnetic dan 100% anti alkali! Pada area yang lebih besar memungkinkan dapat diaplikasikan tanpa adanya sambungan sama sekali. – SERAT FIBER STRUKTURAL BETON.

Pengujian (Tes Lab.)

FORTA FERRO® telah diuji di seluruh dunia akan ketangguhannya, daya tahannya terhadap benturan, prosentase kelenturannya, dan perlemahan nya. FORTA FERRO® juga telah dibandingkan dalam hal tingkat perlemahan nya (ASTM C-1399) dengan serat baja bermerek lainnya, yang menghasilkan nilai rata-rata perbandingan, 1:10 (1 untuk FORTA FERRO® : 10 untuk serat baja). Penggunaan sistem ini pada Pelat lantai beton juga telah diakui oleh atau Institusi Beton Amerika atau yang lebih dikenal dengan ACI (American Concrete Institute).
Serat ini bisa digunakan untuk menggantikan besi tulangan pada konstruksi pelat beton dengan mutu yang lebih tinggi, tangki pra-cetak dan jenis produk lainnya yang mana tahan terhadap pergerakan pada joint/sambungan (tergantung pada takarannya, mutu beton, tebal beton dan fungsi konstruksi).

Bagaimana prosedur penggunaan beton Greensense pada proyek anda?

Berikut adalah langkah yang perlu dilakukan dalam menentukan harga:
1. Pastikan area / volume untuk aspeknya yang akan memerlukan beton Greensense. Tentukan dengan pasti volume untuk pelat beton lantai on ground, kolamnya, pelat beton pada steel deck, dan lain-lain. Pemesanan minimum adalah 100 m3.
2. Pastikan gambar struktur areanya sesuai untuk beton Greensense. Kami akan memproses data informasi ini dengan team teknis kami untuk menghitung kembali desain nya. Pastikan untuk menginformasikan mutu beton yang diharapkan serta mutu beton yang digunakan (dalam Mpa).
3. Kami akan memilih komposisi campuran yang paling tepat, periksa kembali material lainnya yang harus termasuk dan harus disiapkan dalam penawaran harga.

Langkah-langkah untuk konstruksi :

1. Uang muka untuk beton dibayar minimal 6 minggu sebelum proses pengecoran. Kami akan menyetujui tanggal pengecoran tidak lebih dari 2 minggu sebelum jadwal yang telah ditetapkan.
2. Sebelum pengecoran, salah satu team kami akan mengecek lokasinya dan memeriksa apakah volume yang diperlukan sudah tepat.
3. Pada hari pelaksanaan pengecoran, salah satu konsultan teknis kami akan berkoordinasi dengan mandor proyek dan mengawasi proses pencampurannya, uji slump beton dan proses pengecoran beton ke dalam area yang diperlukan. Serat fiber juga akan langsung dicampurkan di lokasi proyek dengan beton siap pakai (ready mix) yang disediakan oleh rekanan kami, yang mana semua nya telah termasuk dalam satu paket beton Greensense.

 

Catatan:

Untuk proyek yang tidak menggunakan beton ready mix, kami juga dapat menyiapkan spesifikasi campuran yang tepat untuk sesuai spesifikasi yang anda rencanakan dan kami akan menyediakan serat fiber nya beserta jasa konsultansi selama proses konstruksi.
Beberapa proyek di berbagai belahan dunia yang telah menggunakan perkuatan dengan serat fiber FORTA-FERRO.
• Jalan raya sepanjang 500 km di Chili
• Pelat beton lantai ground gudang NSW untuk fungsi pembebanan berat, di Australia
• Tempat parkir (hanger) pesawat di Bandar udara Ames, Ohio, USA
• Terowongan bawah tanah (tunnel) di Universitas Stanford, Kalifornia, USA
• Lantai polish concrete, di Museum Seni Erie, PA, USA
• Pelat lantai beton on ground , di universitas Akron, Ohio, USA
Proyek yang telah dikerjakan di Indonesia.
• Resort Maya, di Uluwatu, Bali Sebanyak 350 m3 beton Greensense digunakan untuk pelat beton lantai on ground, pelat beton lantai bertingkat, tank air bawah tanah (ground tank) dan kolam renang.
• Komplek Vila Kokita, Canggu, Bali Sebanyak 130 m3 Beton Greensense digunakan untuk pelat beton lantai on ground, bio septic tank dan kolam renang
• Resort Royal Kamuela, Senggigi, Lombok Sebanyak 1700 m3 beton Greensense digunakan untuk pelat beton lantai on ground, bio septic tank, tanki penampung air hujan, kolam renang vila, dan kolam umum renang sepanjang 30m.

Kami juga dapat menyiapkan
spesifikasi campuran yang tepat.


 

Tell us about your Project

Your Name (required)

Your Email (required)

Your Phone Number(required)

Type of Project

Approximately how much concrete will you need?

Timing of your project

Tell us any other relevant details

Upload a file

(drawings, photos, etc ...)

 

Powered by